Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi: Terampil Berbahasa Melalui Pembelajaran Berbasis Teks

Keterampilan berbahasa merupakan sebuah keterampilan yang wajib dimiliki peserta didik. Melalui keterampilan berbahasa seseorang bisa mahir melakukan komunikasi yang positif, dan produktif. Keterampilan berbahasa telah diajarkan sejak seseorang duduk di bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi sehingga seyogyanya pebelajar sudah terampil berbahasa. Namun faktanya di perguruan tinggi, masih saja ditemukan mahasiswa yang tidak mampu menulis sesuai dengan ejaan yang tepat, dan tidak berani dalam menyampaikan pendapat. Hal ini tentu dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman mahasiswa mengenai menulis dan berbicara. Beberapa faktor penyebabnya diindikasi dari ketidakmampuan mahasiswa menyimak materi dan kurangnya pengetahuan mahasiswa karena kurang membaca.

Keterampilan berbahasa terdiri dari keterampilan menyimak, membaca, berbicara dan menulis. Keempat keterampilan tersebut, memiliki keutamaan, dan kaitan satu sama lain yang harus dikuasai oleh seorang pebelajar. Keempat keterampilan tidak serta merta dikuasai tetapi perlu latihan yang intensif. Hal ini sesuai dengan pendapat Tarigan (1993:1) bahwa keterampilan hanya dapat diperoleh dan dikuasai dengan jalan praktik dan banyak latihan. Melatih keterampilan berbahasa berarti pula melatih keterampilan berpikir. Buku ini didesain untuk membuat mahasiswa terampil berbahasa melalui pembelajaran berbasis teks. Pada tahap awal mahasiswa diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran berbahasa Indonesia dengan memberikan materi Pengantar bahasa Indonesia. Lalu membangun konsep mahasiswa tentang dasar-dasar bahasa Indonesia. Dasar-dasar ini penting, sebagai pondasi untuk menulis teks akademik. Setelah membahas tentang dasar-dasar bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu membuat teks akademik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: