Bermain dan Permainan Berbasis Kearifan Lokal Pada Anak Usia TK

Penulis  : Ashar & Endang Ruswiyani

ISBN : 978-602-50180-5-3

Desain Sampul & Tata Letak: Andi Hafizah Qurrota  Ayun

Ukuran: 14 X 21cm; Halaman: vi + 122

Cetakan Pertama, Agustus 2017

Bermain dan permainan merupakan aktivitas anak usia dini untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki. Sehingga kegiatan bermain bagi anak usia dini sangat penting menjadi perhatian terutama orang tua dan pendidik di sekolah, agar dapat menfasilitasi dan menstimulasi untuk kebutuhan anak. Bermain bagi anak usia dini menimbulkan kesenangan dan kegembiraan yang akan mendapatkan pengetahuan baru dan pengalaman dengan melalui bermain.

Pada hakikatnya bermain bagi anak usia dini sebagai proses dalam mengembangkan pertumbuhan dan pengembangan baik secara fisik maupun secara psikis. Oleh karena itu anak usia dini biasa dikatakan bersifat unit, juga rasa ingin tahunya sangat besar dan selalu berimajinasi. Untuk itu anak usia dini difasilitasi dan diberi kebebasan dalam bermain selama tidak membahayakan dirinya dan temannya.

Bermain dan permainan berbasis kearifan local sangat membantu anak usia dini mengenal permainan nenek moyang yang memiliki nilai budaya dapat mengembangkan potensi anak. Selain itu, permainan kearifan local menciptakan rasa senang dan gembira serta aktivitas social di lingkungan bermain bagi anak. Bermain dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, sehingga beberapa potensi dapat dikembangkan seperti nilai kejujuran, kedisiplinan, tanggungjawab, rasa kepedulian dan lain-lain.

Orangtua dan pendidik di sekolah sangat diharapkan perannya memberikan asah, asih dan asuh. Maka dari itu orang tua sebagai pemberi pendidikan pertama pada anaknya, sebagai pemberi contoh bagi anaknya dan sebagai pelindung bagi anak-anaknya. Begitu pula guru sebagai pendidik dipercayakan pemerintah pada pendidikan formal untuk memberikan pengalaman baru bagi anak, menstimulasi perkembangan anak, memfasilitasi kebutuhan anak serta mengembangkan pertumbuhan dan perkembangan anak.